Detail Artikel IPTEK

Cara Memulai Usaha Kedai Kopi di Tengah Gempuran Zaman Milenial
2024-02-09 12:00:00 | memes

CARA MEMULAI USAHA KEDAI KOPI - Di era sekarang ini, banyak sekali bisnis usaha yang dibangun para generasi milenial. Salah satunya adalah bisnis usaha membuka kedai kopi atau coffee shop. Sebab, pada saat ini generasi milenial membutuhkan tempat untuk nongkrong sekedar ngopi atau bahkan berkumpul bersama teman-temannya. 

1. Hitung dan siapkan modal usaha

Buatlah list apa yang kamu perlukan, hal ini bertujuan untuk menentukan berapa modal yang diperlukan.

Misalnya perhitungan biaya sewa tempat, gerobak, mesin pembuat kopi, timbangan, kemasan, dekorasi tempat, biaya renovasi, biaya promosi, furniture, dan lain sebagainya.

Modal ini mungkin bisa berasal dari tabungan pribadi, patungan bersama teman, bahkan mencari investor. Terkait cara mencari investor, kamu harus bisa menjelaskan rencana bisnis secara rinci. Mulai dari rencana pengembangan bisnis, perkiraan bisa balik modal, dan lainnya. 

Masih ada lagi hal yang perlu kamu perhatikan yaitu, jangan lupa membuat pembukuan arus kas masuk dan keluar ya.

2. Tempat atau lokasi

Ingat jangan hanya berpatok mencari lokasi yang letaknya strategis saja. Perhatikan hal lainnya seperti kesediaan budget, kondisi bangunan, bagian interior, dan akses menuju lokasi.

Selain itu perhatikan juga target konsumen kedai kopimu. Misalnya mahasiswa, maka di dekat kampus bisa jadi pilihan lokasi yang tepat.

Perhatikan juga riwayat bangunan, misalnya disitu dulunya bekas rumah makan, nah jika masih ada barang-barang di dalamnya bisa kamu manfaatkan untuk menekan budget. Jangan lupa untuk survei harga rata-rata makanan atau kopi di daerah tersebut.

3. Menentukan target market

Tentukan target marketmu dengan jelas. Misalnya mahasiswa, nah dari situ kamu bisa melakukan riset dan pengamatan. Seberapa potensi daya beli mahasiswa, kopi yang menarik bagi mereka, suasana tempat, desain interior, fasilitas, kelengkapan menu, dan strategi promosi yang tepat.

Cara menentukan target market bisa menggunakan aspek demografik (umur, usia, gender, daya beli), geografik, dan psikografik (minat, preferensi gaya hidup, status ekonomi sosial).

Contohnya: target marketnya mahasiswa, lokasi yang tepat adalah dekat kampus, desain tempat yang sesuai misalnya, minimalis, Instagramable, dan cozy untuk kerja kelompok.

4. Menentukan Konsep

Cara selanjutnya adalah menentukan konsep kedai kopi. Sebab, biar bisa bertahan dan bersaing di tengah gempuran era kedai kopi saat ini. Sehingga, kedai kopi kamu harus punya sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain. 

Misalnya, menggunakan konsep design Bali atau Hawai. Jadi warna bangunan, furnitur, dekorasi, mesin kopi, dan lainnya seolah berada di suasana pinggir pantai. Saran untuk furnitur, pertimbangkan menggunakan barang second yang masih layak pakai dan bisa diperbaiki.

Selain itu, nama menu juga bisa kamu bikin lebih unik. Misalnya, menggunakan nama-nama plesetan buah-buahan untuk menu minuman. Dan biasanya setiap kedai kopi punya signature menu sendiri. Nah, buat agar signature menu ini benar-benar unik dan enak. 

5. Cari supplier yang tepat

Supplier atau pemasok adalah salah satu hal penting dalam bisnis fnb. Seperti yang kita ketahui bahwa pihak ke 3 dalam bisnis adalah supplier yang menyediakan bahan baku. Menentukan supplier juga perlu riset dan uji coba. Alasannya karena untuk menyajikan kopi yang enak dan berkualitas, kamu perlu supplier yang tepat. 

6. Rekrut karyawan atau barista

Rekrut seorang barista yang pandai meracik kopi. Lantaran, saat ini banyak orang tertarik dengan profesi ini. Selain ahli membuat kopi, pastikan barista memiliki kepribadian yang ramah dan mudah bersosialisasi.

Selain itu, kamu juga bisa merekrut 1 karyawan untuk membantu pelayanan.

Jangan sampai lupa untuk belajar tentang kopi, ya. Sehingga, kamu bisa terus berinovasi dan meningkatkan rasa kopi yang kamu jual.


Rekomendasi Universitas Jurusan S1-Manajemen

Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB) merupakan salah satu universitas swasta terkemuka di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Salah satu program studi yang ditawarkan oleh UDB adalah S1-Manajemen. Lulusan program S1-Manajemen di Universitas Duta Bangsa memiliki berbagai pilihan karier yang menarik.

Jika Kamu tertarik untuk mengikuti program S1-Manajemen di Universitas Duta Bangsa Surakarta, Kamu dapat menghubungi mereka langsung melalui nomor 0857-4237-6890 atau melalui akun Instagram resmi mereka, yaitu @udb.official. Jangan ragu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program studi dan peluang karier


Informasi Lainnya
2022-06-03 07:27:58
2022-06-03 08:23:06