Detail Artikel IPTEK

Simak 7 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif, Cocok untuk Pemula!
2024-02-02 01:00:00 | Memes

CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS - Bahasa Inggris kini mulai populer di kalangan anak muda generasi milenial. Sebab, banyak anak muda milenial yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka tatkala berbicara dengan rekannya. Namun, tak sedikit juga anak-anak muda milenial belum menguasai bahasa inggris di era gempuran teknologi serba canggih ini. 

Kebanyakan, saat mulai mempelajari bahasa Inggris, kebanyakan orang menyerah di tengah jalan. Bagi sebagian orang, belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah, apalagi kamu harus menghafal banyak kata baru yang masih asing di telinga. 


Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, belajar bahasa Inggris tentu menjadi suatu hal penting yang perlu kamu lakukan. Apalagi, bahasa Inggris saat ini banyak dijadikan nilai acuan dan tambahan nilai dalam perekrutan karyawan dalam perusahaan. 


Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Pastinya, selain menguasai kosa kata, kamu juga perlu belajar tata bahasa dalam bahasa Inggris. Terdengar rumit dan sulit, ya? Sebenarnya, tidak demikian, kok. Ada banyak cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang efektif dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa di antaranya:


1. Tentukan Tujuan

Awal mula sebelum memulai mempelajari bahasa Inggris adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai. Pastinya, tujuan yang jelas membuat kamu lebih semangat dan termotivasi dalam belajar. Tak hanya itu saja, tentunya kamu juga menjadi lebih konsisten dan fokus saat belajar. 

2. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya untuk pemula yang paling mudah adalah melalui buku. Awali dengan skill membaca buku bahasa Inggris terlebih dahulu. Namun, yang lebih ampuh lagi kamu perlu membaca buku bahasa inggris untuk anak-anak.

Alasannya karena buku anak biasanya didominasi oleh gambar yang menarik dan memakai kata serta tata bahasa dasar yang memang lebih mudah dipahami. Apabila sudah mulai menguasai tata bahasa dasarnya, mulailah membaca buku yang sedikit lebih sulit tingkatannya, bisa buku cerita pendek atau novel. 

3. Mendengarkan Lagu

Mendengarkan lagu merupakan cara ampuh lainnya untuk belajar bahasa Inggris. Mungkin, secara tidak sadar ketika kamu mendengarkan lagu berulang kali, kamu akan menghafal liriknya. Jangan lupa, baca dan pelajari arti dari lirik lagu yang kamu tulis tadi untuk menambah perbendaharaan kata. 

4. Menonton Film

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya melalui film. Cara ini juga sudah banyak sekali digunakan oleh pemula. Melalui film trlebih dengan tanpa adanya terjemahan atau subtitle bisa membuat kamu berkomunikasi atau berbicara secara lebih natural.

Kamu bisa memanfaatkan banyak media, misalnya Netflix atau kanal YouTube. Jika kamu mengalami kesulitan, nyalakan terjemahan bahasa Indonesia terlebih dahulu. Catat bagian-bagian yang belum kamu pahami, lalu cari terjemahannya.

5. Mendengar Podcast

Ketahui bahwa podcast menjadi salah satu program favorit di kalanganremaja dan usia dewasa muda produktif. Menurut penelitian, topik podcast yang beragam membuat pendengarnya semakin bersemangat dalam melalui aktivitas sehari-hari.

Mendengarkan podcast mirip seperti mendengar radio. Bedanya kamu tidak akan menemukan lagu selingan saat mendengar podcast. Selain podcast berbahasa Indonesia, ada juga lho podcast dengan bahasa Inggris. Pilih kanal kesukaan kamu, lalu tuliskan kata-kata yang terdengar baru dalam buku catatan kamu. 

6. Menulis dalam Bahasa Inggris

Tak banyak orang tahu bahwa otak akan merekam lebih baik ketika seseorang menulis. Banyak orang lebih banyak mendapat ilmu ketika menuliskannya. Menulis menjadi cara terbaik tuk mengingat sesuatu. 

7. Berlatih Komunikasi Setiap Hari

Jangan berhenti sampai di 6 cara itu saja, teruslah berlatih adalah kunci paling penting yang harus konsisten kamu lakukan. Jadi, berlatihlah berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris setiap hari. 

Kamu bisa berlatih bicara dengan banyak cara. Misalnya, bicaralah menggunakan bahasa Inggris dengan diri kamu sendiri seolah kamu memiliki lawan bicara. 


Rekomendasi Universitas Jurusan S1-Komunikasi Bahasa Inggris dan Bisnis Internasional

Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB) merupakan salah satu universitas swasta terkemuka di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Salah satu program studi yang ditawarkan oleh UDB adalah S1-Komunikasi Bahasa Inggris dan Bisnis Internasional. Lulusan program S1-Komunikasi Bahasa Inggris dan Bisnis Internasional di Universitas Duta Bangsa memiliki berbagai pilihan karier yang menarik.

Jika Kamu tertarik untuk mengikuti program S1-Komunikasi Bahasa Inggris dan Bisnis Internasional di Universitas Duta Bangsa Surakarta, Kamu dapat menghubungi mereka langsung melalui nomor 0857-4237-6890 atau melalui akun Instagram resmi mereka, yaitu @udb.official. Jangan ragu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program studi dan peluang karier yang ditawarkan oleh universitas ini.


Informasi Lainnya
2022-06-03 07:27:58
2022-06-03 08:23:06